Pendidikan Anak Usia Dini

Oleh : Raflen A. Gerungan

Pendidikan merupakan bidang yang sudah melekat dan berjalan dengan manusia seiring perkembangan manusia itu sendiri dan zaman, fakta telah mengungkap bahwa pendidikan atau yang sering dikatakan sebagai ilmu pengetahuan telah mengalami perkembangan seiring dengan semakin banyaknya penemuan dan peserta didik yang ada di dunia ini melakukan suatu penelitian dan pembelajaran. Kita telah mengenal beberapa filsuf seperti Aristoteles, Socrates, dan lain-lain, yang telah hidup dan menyumbangkan hasil pemikiran dan penelitian yang dapat menjadi penggerak bahkan membuat ilmu pengetahuan tersebut berevolusi sampai dizaman modern ini.

Melihat hal tersebut maka perkembangan pendidikan sudah menjadi sangat penting untuk diberikan kepada setiap peserta didik yang ada, bahkan banyak orangtua murid sekarang sudah mempersiapkan anak mereka yang  masih berumur dibawah 6 tahun untuk mendapatkan pendidikan yang mampu membuat perkembangan anak mereka menjadi anak-anak yang memiliki keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang baik untuk dimasa yang akan datang. Seiring permintaan  dan dengan adanya pengkajian yang lebih dalam bahwa pendidikan yang didapat sejak usia dini sudah mampu memberikan stimulus yang positif bagi anak-anak, maka terbentuklah “Pendidikan Anak Usia Dini” atau yang sering kita dengar dengan singkatannya PAUD.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), merupakan jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar yang memiliki tujuan untuk memberikan pembelajaran yang kreatif dan tidak membosankan bagi anak-anak dibawah umur 6 thn. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini yang semuanya itu terangkup kedalam rana kognitif, afektif dan psikomotorik. Karena pada masa-masa tersebut merupakan pembentukan mental awal dari perkembangan anak-anak untuk bertumbuh dan menerima pembentukan mental selanjutnya di masa pra remaja dan remaja.

Pembelajaran yang diserap oleh anak-anak usia dini mampu memberikan kontribusi yang besar didalam perkembangan emosional anak tersebut untuk itu pembelajaran anak usia dini harus dikemas dengan cara yang kreatif dan harus mengandung nilai-nilai pembelajaran yang esensial bagi anak-anak usia dini dan jauh kedalam memberikan stimulus yang positif.

Tujuan PAUD dalam tulisan pada Wikipedia.com mengatakan bahwa ada dua tujuan diselenggarakannya PAUD yaitu:

  1. Tujuan utama: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa.
  2. Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.

Adapun rentangan PAUD menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun.

Tingkatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dapat kita bagi menjadi :

  • Infant (0-1 tahun)
  • Toddler (2-3 tahun)
  • Preschool/ Kindergarten children (3-6 tahun)
  • Early Primary School (SD Kelas Awal) (6-8 tahun)

“Pendidikan yang baik tidak dilihat seberapa banyak peserta didik yang dihasilkan tetapi bagaimana peserta didik itu merasa suka dan nyaman dalam mengikuti pembelajaran” (Raflen A. Gerungan)

Literatur:

Anonym. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini. Wikipedia.Com.

Dan berbagai sumber.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: