Pendidikan dan Masa Depan Part 1

Oleh: Raflen A. Gerungan

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar namun itu hanya terlihat secara geografis. Kebesaran bangsa Indonesia tidak dapat berjalan bersama-sama, itu terbukti ketika rakyat Indonesia menyatukan tekat ingin merdeka maka berbondong-bondonglah rakyat kita berjuang demi bangsa Indonesia, pada masa kemerdekaan hingga akhir tahun 70an Tentara Indonesia sangat diSegani, bahkan pihak intelegen USA pun menyarankan pada Belanda untuk melepas IRIAN (sekarang papua barat) pada pihak Indonesia (Masa Perebutan Papua Barat), pada masa tersebut kebesaran bangsa Indonesia dibidang Militer sangat hebat. namun itu bukan modal utama untuk membuat bangsa ini tetap kuat dan besar. Hal terpenting yang seharusnya dilirik oleh para pendiri bangsa Indonesia yaitu Pendidikan untuk masa DEPAN. bukan hanya sekedar pendidikan yang membuat anak Indonesia Bisa Membaca,Menulis, dan Menghitung. memang para pejuang dibidang pendidikan telah memberikan konstribusi yang besar pada masa sebelum dan sesudah kemerdekaan, tetapi pendidikan yang dilakukan pada waktu itu hanya mengalami stagnasi, walaupun itu tidak terlihat oleh para pakar pendidikan pada masa itu, bukti yang kongkret yaitu dimana pada masa pascakemerdekaan Indonesia mengirim banyak tenaga guru ke malaysia (pada waktu itu tidak memiliki program pendidikan yang mantap seperti Bangsa Indonesia) namun kenyataan berkata terbalik dimasa ini pendidikan Indonesia sudah tertinggal jauh dari bangsa malaysia. itu terlihat dari SDM yang dihasilkan.
Pendidikan untuk masa Depan, jika kita jalankan dengan baik maka itu akan berjalan dengan baik pula. maka apa pun yang kita harapkan akan mudah untuk terwujud. Karena pendidikan merupakan kunci utama dalam menciptakan bangsa yang besar, dengan pendidikan yang baik dan bagus secara otomatis bidang-bidang yang lain (Militer, Ekonomi dan Kesejahteraan, Budaya, Kesehatan, Politik ) juga akan menjadi baik bahkan profesionalisme dapat terwujud dengan tidak lagi diiming-iming dengan Gaji yang besar.
Seaharusnya Pendidikan yang baik harus juga menghasilkan SDM yang baik. Indonesia tidak menanamkan disiplin yang baik itu terlihat dari mudahnya seorang pejabat melakukan KKN dan Kasus-kasus lainnya yang membuat citra bangsa ini menjadi buruk. kunci yang membuat bangsa ini menjadi lemah disebakan oleh KKN yang sangat-sangat besar buktinya : Kekuatan militer bangsa ini menurun, rakyat banyak yang masih dibawa garis kemiskinan (Berlawanan dengan UUD 45), Ekonomi tidak bisa menyaingi bangsa lain yang ada di Asia (walaupun dikatakan akhir-akhir ini ekonomi Indonesia menguat), Kesehatan tidak pernah ada perubahan (Masih banyak pelayanan kesehatan yang asal-asalan saja bahkan tenaga Dokternya tidak profesional), semua ini terlihat pada rakyat Indonesia.
Jangan pernah mengatakan bahwa Indonesia telah bangkit dan maju bahkan sukses, kalau masih ada 1 saja rakyat yang miskin, 1 saja rakyat yang menjerit. 1 saja rakyat yang merasa lapar, dan 1 saja gangguan dari bangsa lain.

“Semua yang kita perjuangkan dapat terwujud hanya dengan menyatukan tekad dan menerima apadanya orang disekitar kita” (Raflen A. Gerungan)

4 Tanggapan

  1. kalau b’gini kpn maju bangsa kita,
    ayo mahasiswa jangan so ngatur deh, kerjaan kamu kan cuma belajar.
    ok

  2. loh.. bentrok yah.. katanya kaum intelektual kok bentrok.

  3. Biasa,tuh mahasiswa caper (cari perhatian)..
    Calon mahasiswa abadi yg gak lulus2,trus stres ya kayak gitu kelakuannya..

  4. knapa mesti bentrokkansihh .,.,.,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: