PAUD

FUNGSI DAN TUJUAN

Pendidikan anak usia dini memiliki fungsi utama mengembangkan semua aspek perkembangan anak, meliputi perkembangan kognitif, bahasa, fisik (motorik kasar dan halus), sosial dan emosional.

Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat kuat antara perkembangan yang dialami anak pada usia dini dengan keberhasilan mereka dalam kehidupan selanjutnya. Misalnya, anak-anak yang hidup dalam lingkungan (baik di rumah maupun di KB atau TK) yang kaya interaksi dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar akan terbiasa mendengarkan dan mengucapkan kata-kata dengan benar, sehingga ketika mereka masuk sekolah, mereka sudah mempunyai modal untuk membaca.

Sehubungan dengan fungsi-fungsi yang telah dipaparkan tersebut, maka tujuan pendidikan anak usia dini dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Memberikan pengasuhan dan pembimbingan yang memungkinkan anak usia dini tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan potensinya.
  2. Mengidentifikasi penyimpangan yang mungkin terjadi, sehingga jika terjadi penyimpangan, dapat dilakukan intervensi dini.
  3. Menyediakan pengalaman yang beranekaragam dan mengasyikkan bagi anak usia dini, yang memungkinkan mereka mengembangkan potensi dalam berbagai bidang, sehingga siap untuk mengikuti pendidikan pada jenjang sekolah dasar (SD).

VISI

Terwujudnya anak usia dini yang cerdas, sehat, ceria dan berakhlak mulia serta memiliki kesiapan baik fisik maupun mental dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

MISI

  1. Meningkatkan perluasan dan pemerataan akses layanan PAUD melalui pnyelenggaraan PAUD yang mudah dan murah, tetapi bermutu.
  2. Meningkatkan kesadaran, kemampuan dan partisipasi aktif masyarakat dalam memberikan layanan PAUD.
  3. Memberikan layanan yang prima (efektif, efisien, akuntabel, transparan) kepada masyarakat di bidang PAUD.

TIGA PILAR KEBIJAKAN PAUD

  1. Perluasan dan pemerataan akses layanan PAUD kepada semua anak antara lain melalui :
  • Pemberdayaan semua potensi yg ada di masyarakat.
  • Keberpihakan kpd anak-anak yg kurang beruntung.
  • Mengupayakan PAUD yg murah dan mudah, tetapi bermutu.
  • Keterbukaan, kemudahan dan fleksibilitas di bidang layanan PAUD kepada masyarakat.
  1. Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing antara lain dengan cara :
  1. Penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan pendidikan (PAUD) antara lain dengan cara meningkatkan :

SASARAN PAUD

  1. Sasaran Utama :
  • Anak lahir s/d usia 6 tahun (utamanya yang belum mendapat layanan PAUD Jalur Pendidikan Formal),prioritas 2-4 th.Th 2009 ditargetkan 35% anak 2-4 th terlayani di PAUD Nonformal, dan 53,90 % Anak usia 0-6 tahun terlayani di PAUD Formal dan Nonformal.
  • Orang tua/keluarga, calon orangtua.
  • Pendidik dan Pengelola PAUD.
  • Semua Lembaga Layanan Anak Usia Dini.
  • Para tokoh masyarakat dan stakeholders PAUD.
  • Taman Kanak-kanak (TK), Raudhatul Athfal (RA), atau bentuk lain sederajat.
  • Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain sederajat.
  • Pendidikan Keluarga atau Pendidikan yang Diselenggarakan oleh Lingkungan.
  1. Sasaran antara :
  1. Jalur Formal :
  1. Jalur Nonformal :
  1. Jalur Informal :

Catatan : Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar. 
[(UU No. 20 Th 2003, Pasal 28, ayat (1)] .

Literatur: Berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: