Swasta Dapat Kuota 2.000 Mahasiswa Penerima Bidikmisi

Jakarta – Sejak diluncurkan pertama kali pada 2010, Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa Miskin (Bidikmisi) terus bertambah penerimanya. Tahun 2010, jumlah penerimanya untuk perguruan tinggi negeri mencapai 20 ribu orang mahasiswa. Setahun berikutnya, bertambah menjadi 30 ribu orang. Sehingga sampai saat ini ada 50 ribu orang mahasiswa penerima Bidikmisi, hingga mereka mencapai  semester 8.

Memasuki tahun ke-3,  Bidikmisi tidak hanya diberikan untuk perguruan tinggi negeri (PTN), melainkan juga untuk perguruan tinggi swasta (PTS). Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Illah Saillah mengatakan, tahun ini Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) memberikan jatah Bidikmisi untuk 30 ribu mahasiswa. Setelah ada APBN-Perubahan, jumlahnya bertambah menjadi 42 ribu. Pemerinciannya, 40 ribu untuk PTN dan 2.000 untuk PTS.

“Kami masih uji coba. Tidak berani memberikan kuota yang besar karena sumber dana PTS juga dari masyarakat dan yayasan. Jadi harus ada persetujuan dari PTS juga, mau menerima Bidikmisi atau tidak,” ujarnya saat menggelar jumpa pers di Gedung D Kemdikbud, (30/5).  Illah mengatakan, jika bersedia menerima, maka otomatis PTS tidak boleh memungut biaya pendidikan kepada mahasiswa penerima Bidikmisi.

Sesuai arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, program studi yang diikutkan dalam Bidikmisi adalah program studi pilihan dan strategis. Program studi tersebut di antaranya kedokteran, teknik, sains, pertanian, dan akuntansi.

PTS  yang bisa mendapat jatah Bidikmisi harus berakreditasi A untuk di Jawa, dan minimal B untuk luar Jawa.  “Bidikmisi bagi PTS bisa menjadi promosi, karena dapat menjadi bagian dari tanggung jawab sosial mereka,” kata Illah.

Nominal Bidikmisi untuk PTS sama dengan PTN yaitu biaya pendidikan maksimal Rp2,4 juta per semester/mahasiswa, dan biaya hidup minimal Rp500 ribu per bulan/mahasiswa. Diharapkan PTS bisa menerapkan subsidi silang, karena biaya pendidikan di PTS sangat beragam.

Sumber: kemdiknas.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: