Kritisi Publikasi Karya Ilmiah

JAKARTA – Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), terkait publikasi karya ilmiah sebagai salah satu syarat kelulusan di perguruan tinggi, masih menuai berbagai kontroversi. Meski kebijakan tersebut merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi, di lain pihak juga menjadi dilema, sebab di Indonesia bertebaran perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, dengan berbagai visi, misi, bentuk, dan kurikulum.

Terkait hal itu, Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta merangkum semua permasalahan tersebut dalam “Seminar dan Focus Group Discussion (FGD)” bertajuk Publikasi Ilmiah, Tiket Baru untuk Meraih Gelar Akademik. Kegiatan itu berlangsung menghadirkan pembicara Pengelola Jurnal Indo of Chem Harno Pranowo dan Asisten Wakil Rektor Senior P3M Zuprizal.

Sebagai akademisi yang berhasil menembus dua jurnal peternakan internasional di Amerika, Zuprizal mengatakan, karya tulisan yang berhasil menembus jurnal sebagai ganti syarat penulisan tesis memang cukup menjanjikan. Meski masih dalam perdebatan, bila hal ini disetujui tentu menjadi keuntungan mahasiswa karena tidak harus menulis tebal-tebal laporan akhir.

Pengalaman membuktikan tesis atau disertasi yang telah disusun sebagai syarat karya ilmiah untuk kelulusan terkadang hanya sebagai karya ilmiah akhir yang tidak dimanfaatkan. Padahal, untuk menyusunnya terkadang harus mengeluarkan ongkos yang tidak sedikit.

“Namun, apa yang terjadi setelah dinyatakan lulus dan diwisuda? Kan biasanya hanya dirayakan dengan makan-makan, sementara yang namanya tugas karya ilmiah akhir seperti tidak ada artinya. Berbeda dengan tulisan ilmiah yang menembus jurnal-jurnal internasional, cukup 7-8 halaman, namun memberikan banyak manfaat bagi banyak pihak karena dibaca banyak orang,” kata Zuprizal, seperti disitat dari situs UGM.

Sumber: kampus.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: